Hasbullah Siap Berjuang untuk Kesejahteraan Masyarakat

Hasbullah pernah menjadi anggota Tim Sistem Jaminan Sosial Nasional untuk menyusun cetak biru sistem jaminan sosial di Indonesia.
Kamis, 06 September 2018 17:00 WIB Jurnalis - Imanudin

PDI Perjuangan telah mendaftarkan 575 bakal caleg DPR RI dari 80 daerah pemilihan (dapil) ke KPU. Di antara bakal caleg tersebut, terdapat sejumlah calon dari kalangan artis dan akademisi yang siap mengemban amanah dari rakyat.

Gesuri.id kembali memperoleh kesempatan untuk mewawancarai bakal calon legislatif dari PDI Perjuangan, namun kali berasal dari kalangan akademisi Hasbullah Thabrany, Hasbullah adalah adalah seorang praktisi di bidang kebijakan jaminan kesehatan, dirinya sering dimintai pendapat soal kebijakan jaminan kesehatan dan menduduki jabatan di berbagai organisasi bidang jaminan kesehatan.

Pria kelahiran 21 Mei 1954 itu memperoleh gelar doktor di Universitas California, Barkeley di bidang kebijakan kesehatan (Doctor of Public Health) pada tahun 1995. Ia kemudian menjadi professor Kebijakan Kesehatan dan Ekonomi Kesehatan di Universitas Indonesia pada tahun 2003.

Hingga saat ini ia adalah Ketua dari Perhimpunan Ahli Manajemen Jaminan dan Asuransi Kesehatan Indonesia (PAMJAKI). Berkat ilmu dan pengalamannya pada tahun 2002 ia dipercaya oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri menjadi anggota Tim Sistem Jaminan Sosial Nasional untuk menyusun cetak biru sistem jaminan sosial di Indonesia yang kini telah diwujudkan dalam UU Sistem Jaminan Sosial Nasional. Hingga kini, Hasbullah Thabrany masih aktif mengajar dan menjadi praktisi di bidang keahliannya tersebut.

Berikut adalah wawancara singkat Gesuri.id dengan Hasbullah Thabrany selepas mengisi diskusi publik di Hotel Four Point by Sheraton, Jakarta Pusat, (5/9).

Baca juga :