Petani Milenial, Tantangan dan Hambatan

Bagi Indonesia, saat ini yang dibutuhkan adalah sinergi dari seluruh pihak mulai dari lembaga swasta, pendidikan, hingga pemerintahan.
Sabtu, 12 November 2022 12:30 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo melalui Program Petani Milenial tengah menyiapkan diri mencetak sumber daya manusia (SDM) mumpuni yang mampu memajukan sektor pertanian. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menyongsong era digital.

Pertanian memang menjadi sektor yang harus menjadi perhatian mengingat sektor ini merupakan sumber utama dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Bagi Indonesia, saat ini yang dibutuhkan adalah sinergi dari seluruh pihak mulai dari lembaga swasta, pendidikan, hingga pemerintahan sebagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan nasionalkarena di masa pandemi terbukti pertanian menjadi sektor unggulan.

Namun, disamping masih dalam masa pandemi Covid-19, sektor pertanian juga tengah menghadapi persoalan regenerasi, dimana usia lanjut dari para petani di Tanah Air serta minimnya pengetahuan menjadi tantangan di era digitalisasi.Karnanya dibutuhkan peran dari generasi muda untuk terlibat aktif dalam Program Petani Milenial.

Sejauh mana program petani milenial ini berjalan, terobosan apa saja yang sudah dilakukan dan apa yang perlu dievaluasi dari program ini? Berikut petikan wawancara khusus reporter Gesuri.id Haerandi bersama Anggota DPR RI Komisi IV Riezky Aprilia, S.H., M.H.

Baca juga :