Andreas: Bank Wakaf Jadi Solusi Tekan Kemiskinan

Mengutip Presiden Jokowi yang meminta agar 2018 ini LKM syariah, BWM, terutama yang berlokasi di pesantren-pesantren lebih diperbanyak
Kamis, 26 Juli 2018 20:03 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Malang, Gesuri.id - Bank Wakaf Mikro (BWM) bisa menjadi salah satu solusi bagi akses keuangan pelaku usaha mikro dan dalam jangka panjang akan memperkecil angka kemiskinan serta kesenjangan. Untuk itu diperlukan peran aktif seluruh elemen masyarakat, salah satunya melalui pemberdayaan ekonomi umat sekaligus menjalankan fungsi pendampingan.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PDI-Perjuangan Ir Andreas Eddy Susetyo MM terkait soft launching BWM Sinar Sukses Bersama (SSB), di Pondok Pesantren Wisata Annur II Al-Murtadlo, Malang Jawa Timur, Senin (16/7).

Pada bagian lain, Andreas mengutip pernyataan Presiden Jokowi yang meminta agar pada tahun 2018 ini LKM syariah, BWM, terutama yang berlokasi di pesantren-pesantren lebih diperbanyak jumlahnya dan diperluas sehingga mencakup seluruh wilayah Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Agama, terdapat sebanyak 28.194 pondok pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut merupakan potensi sangat besar sehingga akan mampu memberdayakan umat dan berperan dalam mengikis kesenjangan ekonomi serta mengentaskan kemiskinan khususnya masyarakat di sekitar pesantren, paparnya.

Sebelumnya Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, melalui pengembangan BWM di lingkungan pesantren diharapkan dapat menjadi quick wins dalam pengembangan keuangan syariah nasional yang pada akhirnya dapat mendukung pengembangan ekonomi syariah jangka menengah panjang yang berkesinambungan.

Baca juga :