Basarah: Spirit Olah Raga Bangun Semangat Sportifitas

"Sportivitas artinya sikap adil dan jujur terhadap lawan, sikap bersedia mengakui keunggulan lawan," kata Basarah.
Selasa, 23 April 2019 23:16 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Malang, Gesuri.id - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Basarah mengatakan spirit olah raga membangun semangat sportifitas dalam berbangsa dan bernegara.

Olah raga adalah menciptakan sikap sportifitas sebagai nilai utama dalam dunia olahraga. Sportivitas artinya sikap adil dan jujur terhadap lawan, sikap bersedia mengakui keunggulan lawan, kata Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah dalam acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bertajuk Peran Dunia Olah Raga Dalam Memperkukuh Semangat Kebangsaan Indonesia bersama Persatuan Bulu Tangkis se-Malang Raya (PBMR), Minggu (21/4) di Malang, Jawa Timur.

Baca: Basarah Ajak Masyarakat Rayakan Pemilu dengan Gembira

Ia mengatakan, saat ini bangsa Indonesia tengah mengalami ujian sportifitas dalam tikungan tajam demokrasi pemilu presiden dan pemilu legislatif tanggal.17 April lalu. Masih diuji di lapangan apakah pihak yang kalah dapat secara sportif menerima dan mengakui kekalahannya.

Legislator asal daerah pemilihan Malang Raya menguraikan lebih lanjut bahwa olahraga tidak hanya membuat tubuh dan mental sehat, melainkan olahraga juga kental dengan nilai-nilai filosofi. Dalam dunia olah raga selalu ada yang namanya kompetisi. Dalam sebuah kompetisi itu tentu saja ada pihak yang menang dan kalah.

Baca juga :