Bung Hatta Gagas Koperasi, Kekuatan Rakyat Hadapi Kapitalis

“Menurut Hatta, koperasi merupakan gerakan menghimpun kekuatan rakyat yang berserakan dan tidak terorganisir di masa penjajahan".
Jum'at, 13 Agustus 2021 17:18 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Ekonom Faisal Basri menyatakan, Proklamator RI Mohammad Hatta menggagas istilah koperasi sebagai persekutuan cita-cita, semacam persekutuan modal, oleh rakyat demi menghadapi kaum kapitalis.

Menurut Hatta, koperasi merupakan gerakan menghimpun kekuatan rakyat yang berserakan dan tidak terorganisir di masa penjajahan untuk menghadapi kaum kapitalis, Faisal Basri dalam talkshow Pekan Bung Hatta yang ditayangkan di Channel Youtube BKNP PDI Perjuangan, Jumat (13/8).

Baca:Megawati Ingatkan Pemimpin Harus Mau Blusukan, Salami Rakyat

Dalam dialog yang dipandu Aris Setiawan Jodi itu, Faisal menjelaskan, konsep ekonomi gagasan Hatta berasal dari bahan bacaan buku-buku dan pengalaman selama pengembaraan intelektualnya di dalam maupun luar negeri.

Menurut alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia itu, gagasan ekonomi Hatta merupakan pemikiran alternatif dari kapitalisme pasca revolusi industri yang melihat sendiri betapa terjadi penghisapan para pemilik modal.

Baca juga :