Daryatmo Apresiasi Pengajaran Nilai Pancasila di TK

Menurut Daryatmo, peran yang dijalankan lembaga pendidikan level TK/Paud sangat vital.
Minggu, 09 Desember 2018 00:43 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Demak, Gesuri.id - Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Daryatmo Mardiyanto mengapresiasi adanya pengajaran nilai-nilai Pancasila di tingkat taman kanak-kanak (TK).

Pengajaran nilai-nilai luhur seperti budi pekerti, toleransi, musyawarah, gotong-royong hingga kejujuran sejak dini diharapkan bisa menjadi pondasi kokoh terbentuknya generasi masa depan yang berkarakter dan berkepribadian Pancasila, katanya saat kegiatan di TK Mekarsari Desa Ngegot, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, Sabtu (8/12).

Hadir dalam kegiatan seratusan peserta yang merupakan guru TK, wali murid dan alumni TK Mekarsari serta jajaran pejabat sipil maupun perwakilan TNI/Polri di wilayah setempat.

Menurut dia peran yang dijalankan lembaga pendidikan level TK/Paud sangat vital. Selain ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, kata dia, sekaligus menanamkan nilai-nilai luhur sejak dini. Bahkan, lanjut dia, upaya itu dilakukan melalui perilaku dan praktik langsung sehari-hari, seperti dalam permainan, sosialisasi antar anak didik, kerja bakti dan lain sebagainya. Metode tersebut, dianggap efektif untuk membentuk kepribadian dan karakter yang sesuai dengan jati diri bangsa.

Nilai pancasila tentang membangun kebersamaan, gotong-royong, toleransi diajarkan lewat perilaku. TK ini pendidikan yang elementer dan penting sekali, sehingga perlu diapresiasi, kata wakil rakyat dari Dapil II Jateng (Demak, Kudus dan Jepara ini).

Baca juga :