Keseruan Siswi SMK Dapat Salam Saranghae dari Ganjar

Andini mampu memraktikkan enam langkah cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan benar.
Sabtu, 24 November 2018 10:42 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id Andini, siswi SMK PGRI 01 Semarang memraktikkan enam langkah cuci tangan pakai sabun (CTPS), pada acara Gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Pelajar Jawa Tengah, di GOR Universitas PGRI Semarang, Jumat (23/11). Andini, makin grogi karena dia harus memraktikkan di hadapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Di hadapan ribuan kawannya sesama pelajar SMK se-Jateng, Andini memulai gerakan layaknya orang menuang cairan pencuci tangan pada telapak tangan, kemudian mengusap dan menggosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

Baca: Saat Ganjar Ngevlog Bareng Ilmuwan Muda Jateng

Melihat aksi Andini, Ganjar meminta Kepala Dinas Kesehatan Jateng dan beberapa dokter untuk menilai keabsahan langkah pertama praktik hidup sehat itu. Sampai akhirnya juri dadakan itu mengacungkan jempol usai Andini menggerakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian menggosok perlahan.

Pola hidup sehat harus kita mulai dari cuci tangan sebelum makan. Makan makanan yang sehat dan bersih, cara makannya pun harus dengan tangan yang bersih, kata Ganjar yang kemudian menangkupkan jari telunjuk dan jempol, yang oleh para milenial disebut salam saranghae yang memiliki arti aku mencintaimu.

Baca juga :