Komitmen Bupati Anas Jadi Rujukan Wisata Baru Indonesia

Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa itu kini makin menjadi rujukan wisata baru di Indonesia.
Selasa, 23 Oktober 2018 14:26 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Banyuwangi, Gesuri.id - Pengembangan pariwisata di Banyuwangi menunjukkan hasil yang membanggakan. Seluruh unsur utama pariwisata yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas, digarap maksimal. Hasilnya, kabupaten di ujung timur Pulau Jawa itu kini makin menjadi rujukan wisata baru di Indonesia.

Baca:Pariwisata BanyuwangiDibangun dengan Libatkan Rakyat

Pesatnya perkembangan pariwisata Banyuwangi, tidak lepas dari komitmen kuat Bupati Abdullah Azwar Anas. Menjabat sebagai bupati pada 2010, Azwar Anas berhasil mendandani Banyuwangi habis-habisan. Istimewanya, pembangunan yang dilakukan Azwar Anas tak serta merta meluruhkan nilai budaya dan kearifan lokal Banyuwangi.

Masyarakat justru didorong untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan pariwisata. Sehingga masyarakat tidak hanya jadi penonton, tapi juga ikut menikmati berkah ekonomi.

Kami semua sepakat jika pariwisata menjadi payung pembangunan daerah. Untuk itu sengaja kami dorong masyarakat untuk terlibat penuh, tidak hanya sebatas menjadi penonton. Banyak festival di Banyuwangi yang berbasis adat, lahir dari dan muncul dari inisiatif masyarakat. Pemerintah hanya sebagai fasilitator. Jadilah festival spektakuler yang mendatangkan ribuan orang, menggerakkan ekonomi rakyat secara langsung, katanya.

Baca juga :