Niken: Krisis Iklim Picu Ancaman Serius Krisis Pangan

Krisis iklim yang dapat mengakibatkan perubahan pola musim dan bencana telah mengancam terjadinya gagal panen di sektor pertanian. 
Rabu, 15 Maret 2023 10:45 WIB Jurnalis - Ali Imron

Pontianak, Gesuri.id - Anggota Komisi IIDPRD Provinsi Kalimantan Barat Niken Tia Tantina mengatakan krisis iklim merupakan ancaman serius yang berpotensi memicu krisis lainnya, seperti krisis pangan.

BacaPuan Ingatkan Integritas di Kasus Pejabat dengan Kekayaan Tak Lazim

Sebab, menurutnya, krisis iklim yang dapat mengakibatkan perubahan pola musim dan bencana telah mengancam terjadinya gagal panen di sektor pertanian.Jika terjadi secara terus menerus, gagal panen akan menurunkan suplai kebutuhan pangan sehingga menjadi ancaman bagi seluruh masyarakat.

Bagi petani kita, curah hujan ekstrim, banjir, kemudian kekeringan ini kan jadi masalah. Semua bencana itu muncul akibat adanya krisis iklim. Kalau ini berlangsung jangka panjang, maka krisis pangan sudah pasti akan jadi ancaman untuk kita semua, ujarnya saat menjadi narasumber pada Talkshow Peringatan Satu Tahun Media Daring Kolase.id di Cafe Bumi Gemawan Pontianak, baru-baru ini. Talkshow yang juga menghadirkan Wali Kota Pontianak, Sekda Kubu Raya, praktisi tata ruang berkelanjutan, dan Direktur Lembaga Gemawan itu mengusung tema Mengendalikan Perubahan Iklim Dari Sudut Kebijakan Politik Lingkungan.

Baca juga :