Pembelajaran Multikulturalisme ala KH. Imam Zarkasyi

Sosok KH. Imam Zarkasyi merupakan seorang tokoh dengan wawasan luas dan cara pandang yang terbuka.
Sabtu, 23 April 2022 18:49 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Membahas ketokohan KH. Imam Zarkasyi tentu tidak bisa dipisahkan dengan Lembaga Pendidikan Gontor. Pasalnya, Pondok Moderen Darrussalam Gontor merupakan hasil gagasan KH. Imam Zarkasyi terkait model pendidikan Islam yang banyak dipakai dan berlaku di beberapa negara Islam, kemudian diterapkan di Indonesia sebagai wujud dari pendidikan yang berwajah modern, visioner dan berbasis keilmuan Islam.

Baca:Widya Murad Ismail Minta Warga Lestarikan Senandung Sahur

Cara kita melihat ketokohan seseorang itu dari visi pendidikannya, jelas KH. Helmy Hidayat membuka pembicaraan pada talkshow Inspirasi Ramadhan bertajuk keteladanan KH. Imam Zarkasyi, tayang melalui akun BKN PDI Perjuangan pada, Sabtu pagi (23/4).

KH. Helmy, sebagai alumni Pondok Moderen Darrussalam gontor itu menjelaskan, bahwa sosok KH. Imam Zarkasyi merupakan seorang tokoh dengan wawasan luas dan cara pandang yang terbuka. KH. Imam Zarkasyi menginginkan pesantren yang didirikannya itu sebagai pesantren yang mengajarkan multikulturalisme, sebagai representasi dari potret Indonesia dengan keragaman nilai tradisi dan budaya.

Dengan visi tajamnya mau mengatakan, bahwa inilah gontor yang mengajarkan multi kulturalisme, yang percaya Islam harus dianut siswanya dan menghormati agama lain yang ada di luar sana, jelas KH. Helmy.

Baca juga :