Pemkab Wonogiri Verifikasi Ulang KPM Bantuan Sosial

Nantinya, diharapkan kementerian terkait memperbaiki basis data KPM sehingga program-program sosial lebih tepat sasaran.
Selasa, 12 Februari 2019 17:13 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Wonogiri, Gesuri.id - Pemerintah Kabupaten Wonogori akan menverifikasi ulang data keluarga penerima manfaat (KPM) sejumlah bantuan sosial. Pasalnya, dari 42.000 KPM hanya 39 persen yang dinilai layak menerima bantuan.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengungkapkan pentingnya verifikasi dan validasi untuk menghasilkan data yang akurat versi pemerintah daerah. Di situ, diharapkan kementerian terkait memperbaiki basis data KPM sehingga program-program sosial lebih tepat sasaran.

Baca: Wonogiri Alokasikan Rp8 Miliar untuk Infrastruktur Pertanian

Sehingga semua program tepat sasaran. Keluarga penerima sesuai kualifikasi yang ditetapkan baik utuk KIS (Kartu Indonesia Sehat), BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), PKH (Program Keluarga Harapan), dan lainnya, kata politisi PDI Perjuangan yang akrab disapa Jekek tersebut, baru-baru ini.

Dalam kesempatan itu, Jekek mencontohkan, menurut data dinas terkait, di Desa Giriwoyo ada 3.000 rumah tak layak huni (RTLH) yang jadi sasaran program pengentasan RTLH. Setelah diverifikasi dan divalidasi ulang ditemukan hanya 486 RTLH yang dinilai memenuhi kualifikasi untuk mendapat bantuan.

Baca juga :