Presiden akan Didaulat Naik Mobil Hias di PKB Ke-40

Konsep mobil hias tersebut sesuai dengan sosok Jokowi yang merupakan seorang pemimpin negara, sama seperti halnya raja-raja Bali terdahulu.
Kamis, 21 Juni 2018 22:49 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Bali, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo akan didaulat untuk menaiki kendaran khusus pada pembukaan dan pelepasan pawai di Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40, Sabtu (23/6). Konsep mobil hias tersebut sesuai dengan sosok Jokowi yang merupakan seorang pemimpin negara, sama seperti halnya raja-raja Bali terdahulu melihat rakyatnya.

Baca:PresidenJokowiDijadwalkan Buka PKB ke-40

Mobil hias untuk Jokowi itu didesain oleh perupa Gede Alit dari Desa Bona, Gianyar. Diperlukan waktu 10 hari untuk menyiapkan bahan dan ukurannya, dan perlu waktu 3 hari untuk merakitnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha mengatakan pihaknya telah menyiapkan mobil hias untuk dinaiki oleh orang nomor satu di Indonesia ini. Untuk konsepnya, Dewa Putu mengambil dari konsep Bale Bengong yang terdapat di Puri atau Kerajaan-Kerajaan di Bali.

Kalau konsep puri (kerajaan) dulu, di bencingah agung (halaman kerajaan) ada bale bengong yang cukup tinggi. Di depan kerajaan-kerajaan di Bali biasanya ada pasar. Dari bale bengong itulah para raja melihat rakyatnya yang sedang berada di pasar, ucapnya, Rabu (19/6).

Baca juga :