Putra : iPusnas Gairahkan Minat Baca Saat Pandemi Covid-19

Perpusnas harus memaksimalkan layanan perpustakaan digital denhan menyajikan katalog bacaan bermutu.
Sabtu, 18 April 2020 08:30 WIB Jurnalis - Ali Imron

Jakarta, Gesuri.id - Wabah pandemik Corona telah membuat denyut masyarakat menghentikan berbagai aktivitas kegiatan di luar dengan berdiam diri di rumah hingga masa karantina selesai. Akibatnya kegiatan pun dilakukan dengan sistem online termasuk aktivitas belajar mengajar. Dan kini setelah beberapa minggu menjalani karantina banyak orang mulai dilanda kebosanan.

Masyarakat yang bosan itu mulai mengalihkan kejenuhan dengan mencari sumber bacaan digital dengan mengunduh layanan digital Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), iPusnas. Hasilnya paara pengunduh layanan iPusnas melonjak tajam hingga 130 persen. Tentunya ini menjadi salah satu hal positif dari bencana yang sedang terjadi saat ini. Kegairahan membaca di saat pandemik kembali meningkat, kata Anggota DPR RI Komisi X Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan

Baca Juga:PDI Perjuangan Gotong Royong Kedepankan Program Padat Karya

Menurut Putra, selama menjalani masa karantina, masyarakat kembali memiliki banyak waktu luang untuk berkumpul bersama keluarga sekaligus mengembalikan kehangatan bersama keluarga. Jika biasanya para orang tua sibuk bekerja tidak punya waktu buat membaca maka kini waktu mereka jadi lebih banyak untuk membaca bersama buah hati mereka. iPusnas efektif mengisi kekosongan waktu dan kejenuhan masyarakat pada masa pandemi. Peluang ini harusnya bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh Perpusnas dalam menyediakan katalog bacaan yang bermutu untuk dibaca oleh masyarakat dari berbagai kalangan, katanya.

Baca juga :