Putra: Toleransi dalam Multikulturalisme Indonesia Sebuah Keniscayaan

Putra: Kita harus menghormati hak-hak, pendapat, dan kehidupan pribadi setiap orang.
Rabu, 05 Juli 2023 20:10 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPR RI Putra Nababan mengingatkan Indonesia yang memiliki masyarakat multikultural yang berdasarkan pada Bhinneka Tunggal Ika dengan sistem dan karakteristik yang unik serta memiliki banyak struktur kebudayaan, berpotensi dihadapkan pada disharmoni sosial yang tinggi, maka sikap toleransi yaitu saling menghormati dan saling menghargai terhadap perbedaan yang ada dalam lingkungan masyarakat merupakan sebuah keniscayaan.

Baca:Putra: Lahirnya Pancasila Entitas Pijakan Bersama Kemajemukan Bangsa

Dengan demikian, lanjutnya, agar tidak terjadi konflik dalam masyarakat multikultural tersebut yang dapat menyebabkan sebuah perubahan sosial dalam lingkungannya.

Saling menghormati adalah sikap yang mengakui nilai-nilai setiap individu, tanpa memandang perbedaan ras, agama, suku, gender, atau latar belakang sosial-ekonomi. Ini berarti kita harus menghormati hak-hak, pendapat, dan kehidupan pribadi setiap orang, ungkap Putra Nababan dalam Sosialisasi MPR RI di Jakarta Timur, Selasa (4/7).

Ia mencontohkan menghormati satu sama lain adalah dasar bagi terciptanya hubungan yang sehat dan harmonis di dalam masyarakat.

Baca juga :