Rela Ngontel Berburu Nasi Pagar, Ganjar: Enak Sekali, Bisa Dijual ke Wisatawan

Ganjar: Seumur hidup saya baru nemu, ada masyarakat makan pagar. Kalau tidak sakti, tidak mungkin.
Kamis, 28 September 2023 23:59 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Grobogan, Gesuri.id Rela ngontel mengajak istrinya, Siti Atikoh, mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memenuhi rasa penasarannya dengan kuliner nasi pagar.

Seumur hidup saya baru nemu, ada masyarakat makan pagar. Kalau tidak sakti, tidak mungkin. Unthune mesti kuat tenan (gignya pasti sangat kuat). Makanya saya datang jauh-jauh bersepeda dari Semarang ke sini untuk membuktikan, kata Ganjar.

Di Grobogan Jawa Tengah, khususnya warga Kecamatan Godong, makan nasi pagar bukanlah hal yang aneh. Dari anak kecil hingga usia lanjut, menu utamanya adalah nasi pagar.

Namun apa yang ditemui Ganjar ternyata tidak sesangar namanya. Nasi pagar merupakan makanan penganan yang sangat lezat. Nasi pagar terdiri dari nasi, sayur mayur seperti daun pepaya, tauge dan srundeng (kelapa parut) yang rasanya asin, ditambah sayuran lainnya.

Sekilas mirip dengan pecel, karena semua bahan sayuran itu digabung menjadi satu dalam sebuah pincuk daun dan disiram menggunakan sambal kacang. Rempeyek dan bakwan menjadi pendamping menu makanan itu. Bedanya, nasi pagar diberi mlanding atau petai cina yang tua dan muda.

Baca juga :