Ribka: Korban Gempa Lombok Butuh Air Bersih

Air bersih menjadi permasalahan tersendiri bagi penanganan korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Kamis, 23 Agustus 2018 16:00 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Lombok, Gesuri.id - Ketua Umum Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPP PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning menuturkan, secara umum proses penanganan bencana gempa bumi di Kabupaten Lombok Utara sudah berjalan dengan baik, yang menjadi permasalahan saat ini adalah sulitnya mendapatkan air bersih.

Menurutnya, pendostribusian bantuan kemanusiaan oleh pemerintah baik itu pusat maupun daerah dan relawan untuk para pengungsi sudah merata. Selain itu, aliran listrik disebagian wilayah pun sudah berfungsi normal.

Baca:Idul Adha,BagunaJatim tetap Gelar Misi Kemanusiaan di NTB

Namun demikian, Pemerintah Daerah (Pemda)khususnya Lombok Utara, perlu segera memulihkan jaringan pipa air PDAM yang rusak. Sementara itu management pendistribusian pasokan air bersih disejumlah titik konsentrasi pengungsi masih kurang maksimal, Ujar politisi PDI Perjuangan itu usai melakukan peninjauan lapangan bersama Tim Baguna dan Pengurus DPC PDI Perjuangan Lombok Utara ke sejumlah titik pengungsi, Selasa (21/8).

Lebih lanjut Ribka mengatakan, dari kunjungan lapangan tersebut, pihaknya mendengar sejumlah aspirasi para pengungsi yang mengeluhkan distribusi pasokan air bersih tidak merata dan tidak jelas jadwal pengirimannya.

Baca juga :