Ribka Sayangkan Serikat Buruh Terlibat Politik Praktis

Keterlibatan serikat buruh dalam politik praktis dapat mengundang politik transaksional serta melemahkan gerakan buruh tersebut.
Rabu, 02 Mei 2018 10:50 WIB Jurnalis - Andri Setiawan

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning menyayangkan masih adanya serikat buruh yang melakukan politik praktis dengan menyatakan mendukung calon presiden tertentu dalam aksi Hari Buruh Sedunia (May Day), Selasa (1/5).

Sayang, beberapa serikat buruh mulai berpolitik praktis dengan dimulai mendukung salah satu pasangan dalam Pilgub DKI, bahkan dengan menggunakan taktik isu SARA, dan sekarang, ada serikat buruh mendukung salah satu bakal calon presiden untuk Pemilu 2019, kata Ribka dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (1/5).

Ribka mengatakan keterlibatan serikat buruh dalam politik praktis selain dapat mengundang politik transaksional, juga hanya akan melemahkan gerakan buruh itu sendiri.

Baca: Lewat Twitter, Jokowi Sampaikan Selamat Hari Buruh

Harusnya gerakan buruh menjadi kekuatan politik alternatif, ditengah peran parpol yang tidak maksimal dalam memperjuangkan kepentingan kaum pekerja, kata Ribka.

Baca juga :