USAID Dukung Program 5NG Pemprov Jateng

Ganjar pun bersyukur semakin banyak pihak yang nyengkuyung untuk mengurangi AKI di Jateng.
Selasa, 09 Oktober 2018 13:34 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id Sejak diluncurkan pada 2016, program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5NG) berhasil menurunkan 14 persen angka kematian ibu (AKI). Gayung bersambut, program inisiatif Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tersebut bakal mendapat dukungan dari USAID (United States Agency for International Development) melalui program Jalin.

Gubernur Ganjar menyampaikan, Jalin merupakan program khusus dari USAID untuk mengurangi kematian ibu dan anak dengan mengonsolidasikan lintas sektoral. Ganjar pun bersyukur semakin banyak pihak yang nyengkuyung untuk mengurangi AKI di Jateng.

Jalin ingin membantu dalam politik kesehatan kita Jawa Tengah. Mereka peduli sekali dengan angka kematian ibu melahirkan dan balita, dan inline dengan program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng, bebernya, usai menerima perwakilan Jalin di Puri Gedeh, Senin (8/10).

Ditambahkan, program 5NG telah berhasil menurunkan AKI sebesar 14 persen per tahun sejak diluncurkan. Capaian itu melebihi target dunia (SDGs) sebesar tiga persen per tahun atau 90 per 100 ribu kelahiran hidup

Sementara AKI di Jateng pada 2017 adalah 88,58 per 100 ribu kelahiran hidup. Padahal pada 2013 AKI masih 118,62 per 100 ribu kelahiran hidup.

Baca juga :