Abdy Ungkap Dampak Geopolitik Terbentuknya Negara Pancasila

"Beragam pemikiran mulai dari negara atas dasar teori individu (liberal), negara atas dasar teori kelas/ golongan atau negara".
Kamis, 18 Februari 2021 11:59 WIB Jurnalis - Hiski Darmayana

Bandung, Gesuri.id - Di sela-sela kesibukannya sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar), Abdy Yuhana, berhasil menyelesaikan sebuah buku berjudul Kedaulatan Rakyat Menurut Sistem Ketatanegaraan Indonesia.

Dalam buku setebal 301 halaman ini, Abdy secara gamblang menuliskan bahwa secara historis perumusan dan pembentukan UUD 1945 oleh BPUPKI yang diwarnai perdebatan panjang oleh para pendiri bangsa, terutama tentang staatsideyang akan diterapkan oleh Indonesia pada saat setelah merdeka.

Baca:DisneySea Ancol, Gembong Ingatkan Status Lahan Reklamasi

Beragam pemikiran mulai dari negara atas dasar teori individu (liberal), negara atas dasar teori kelas/ golongan atau negara berdasarkan teori integralistik muncul.Meskipun pada akhirnya disepakati sebagai Negara Pancasila, kata politisi PDI Perjuangan ini, Kamis (18/2).

Dalam bukunya tersebut,Abdy menuturkan negara Pancasila berhasil dirumuskan karena melihat fakta Geografi politik (Geopolitik) Indonesia, yaitu negara kepulauan , beraneka ragam suku bangsa, bahasa, agama dan kekayaan alam yang melimpah. Belum lagi posisi strategis di antara dua samudra Pasifik dan samudra Hindia

Baca juga :