Anies Harus Terbuka & Transparan Soal Ini Selama PSBB

Penting agar tidak menimbulkan kecurigaan di publik akan adanya manipulasi.
Senin, 13 April 2020 12:13 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id -Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan transparan dan terbuka mengumumkan ke publik data penerima, skema dan besaran bantuan sosial kepada warga DKI yang terdampak virus corona (Covid-19) selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta.

Baca:Jangan Ada Oportunis di Tengah Perjuangan Melawan Corona

Pasalnya, lanjutnya, transparansi ini penting agar pemberian bansos tepat sasaran dan tidak menimbulkan kecurigaan di publik bahwa bansos tersebut dimanipulasi.

Kita sudah sejak awal minta agar data penerima bansos ini dibuka transparan karena ada 1,1 juta penduduk DKI yang awalnya menjadi tanggung jawab DKI dan 2,6 juta penduduk yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, ujarnya, Minggu (12/4).

Namun, kata Gilbert, sekarang bansos berupa paket sembako tersebut justru diberikan kepada 1,2 juta keluarga yang tidak dijelaskan secara detail kaitannya dengan 3,7 juta penduduk miskin dan rentan miskin yang pernah disebutkan Anies sebelumnya. Selain itu, menurut dia, penjelasan soal sumber data penerima bansos juga tidak tuntas.

Baca juga :