Anton: Usulan Provinsi Sunda Bikin Jabar Terpecah-belah!

"Ingin membangun spirit Sunda, tapi kenyataannya malah mencerai-beraikan Jawa Barat sebagai Ki Sunda itu sendiri!"
Rabu, 18 November 2020 18:20 WIB Jurnalis - Hiski Darmayana

Tasikmalaya, Gesuri.id - Budayawan Sunda Anton Charliyan menegaskan, usulan mengganti nama Provinsi Jawa Barat (Jabar) menjadi Provinsi Sunda hanya akan membuat Jabar terpecah-belah.

Pernyataan Anton itu berdasarkan analisis berbagai peristiwa di masa lalu dan kini,antara lain ketika sekelompok massa daridaerah Jawa Barat Selatan yang dikomandoi oleh R Patra Kusuma dari Selacau, sudah mencanangkan dan menggagas pembentukan Daerah Istimewa Priangan yang terdiri dari Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Garut , Banjar dan Pangandaran padabulan September 2016.

Baca:Wawali Whisnu Sakti Buana Dikabarkan Sakit

Selain itu, di tahun 2020 ini para tokoh dari Cirebon, Majalengka,Indramayu dan daerah Pantai Utara menyatakan bahwa daerah mereka mayoritas bukan Suku Sunda, tapi Suku jawa yang tidak akan masuk kepada Provinsi Sunda. Belum sebentar lagi daerah Bogor Raya yang meliputi Kabupaten Bogor, Kota Bogor , Bekasi ,Depok dan Sukabumi diprediksi akan berdiri sendiri terpisah dari Provinsi Sunda.

Jadi apa sesungguhnya perjuangan yang dihasilkan dari inohong-inohong, para pakar dan akademisi yang punya wawasan dan cita-cita dengan mengatasnamakan ingin membangun spirit Sunda, tapi kenyataannya malah mencerai-beraikan Jawa Barat sebagai Ki Sunda itu sendiri! tegas Anton.

Baca juga :