APBN 2020 Akomodasi Kartu Pra Kerja & Semua Janji Jokowi

APBN 2020 memang didesain dalam rangka untuk mendukung program-program Presiden terpilih Jokowi.
Selasa, 16 Juli 2019 10:38 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Pemerintah Jokowi mendesain Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 untuk mendukung program-program pembangunan di dalam rangka tahun pertama RPJPM 2020-2024. Selin itu juga untuk menampung visi misi presiden terpilih dan juga prioritas serta janji kampanye.

Jadi APBN 2020 didesain di dalam rangka untuk mendukung program-program tersebut, kata Sri Mulyani dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas tentang Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2020 di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/7) sore.

Baca:Presiden Beri Arahan Penyusunan Pagu Indikatif RAPBN 2020

Mengenai asumsi makro, Menkeu mengaku belum bisa menyampaikan sekarang, karena nanti akan terlihat di dalam Nota Keuangan yang akan disampaikan oleh Presiden bulan Agustus mendatang. Namun ada di dalam range yang sudah dibahas dengan DPR pada saat pembahasan awal.

Kita akan mendesain untuk Nota Keuangan nanti adalah pertumbuhan pajaknya akan diupayakan cukup tinggi namun realistis dimana untuk PPH dan PPN akan didesain berdasarkan pertumbuhan ekonomi 5 tahun terakhir ini, kata Menkeu seraya menambahkan, saat ini juga masih di dalam proses untuk membahas undang-undang perpajakan yang nanti pengaruhnya terhadap tarif dan penerimaan negara.

Baca juga :