Basarah Ajak Mahasiswa Perkuat Ideologi Nasional

Basarah mengajak mahasiswa dan civitas akademika lainnya memperkuat ‘iman politik bernegara’ untuk membantengi ideologi Pancasila.
Kamis, 14 Juli 2022 08:30 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Malang, Gesuri.id - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menyebut tiga gelombang perkembangan masyarakat dari agraris, industri dan informasi selalu menghadirkan peluang, tantangan, bahkan ancaman, terutama di era industri 5.0 yang ditandai dengan kehadiran metaverse.

Karena itu, dosen Pancasila ini mengajak mahasiswa dan civitas akademika lainnya memperkuat iman politik bernegara untuk membantengi ideologi Pancasila dari gempuran ideologi transnasional di ruang-ruang digital.

Jika di metaverse pengguna dapat melakukan apa saja dalam bentuk virtual seperti berkumpul atau mengadakan rapat, bekerja, bermain, mengadakan berbagai acara, mengikuti konser, berbelanja online, hingga membeli properti digital bahkan rapat akbar, maka siapa berani menjamin metaverse tidak mereka gunakan sebagai ruang terbuka maya untuk menyebarkan ideologi transnasionalisme? kata Ahmad Basarah, saat menjadi pembicara seminar berjudul Metaverse: Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi di Era Industri 5.0 di Kampus Institut Teknologi Nasional (ITN Malang), Jawa Timur, Rabu (13/7).

Baca:Ganjar Beri Peringatan Keras ke Kepsek Agar Jauhi KKN

Baca juga :