Bendungan Mila Siap Suplai Irigasi 1.689 Hektare

Dua bendungan di Kabupaten Dompu sudah diselesaikan pembangunannya yakni Bendungan Tanju dan Mila.
Jum'at, 18 Januari 2019 14:40 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Dompu, Gesuri.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan jumlah tampungan air di Indonesia, termasuk di Kawasan Timur Indonesia. Di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kementerian PUPR membangun lima bendungan yakni Tanju, Mila, Bintang Bano, Beringin Sila dan Meninting.

Baca:Pemerintah Akan Terus BangunBendunganuntuk Pengairan

Pembangunan di NTB merupakan bagian dari program 65 bendungan terdiri dari 16 bendungan lanjutan dan 49 bendungan baru sebagai upaya mewujudkan ketahanan air dan pangan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kunci pembangunan di NTB adalah ketersediaan air. Dengan adanya suplai air yang kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam, kata Menteri Basuki beberapa waktu lalu.

Dua bendungan di Kabupaten Dompu sudah diselesaikan pembangunannya yakni Bendungan Tanju dan Mila. Bendungan Tanju telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Juli 2018 lalu dan Bendungan Mila pada Kamis (17/1) dilakukan impounding atau penggenangan awal oleh Dirjen Sumber Daya Air Hari Suprayogi yang ditandai dengan penekanan tombol sirene yang diikuti oleh penutupan saluran pengelak bendungan.

Baca juga :