Beri Perhatian Khusus kepada Kesehatan Mental Anak Muda, Dokter Apresiasi Ganjar Pranowo

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), Diah Setia Utami, meminta calon presiden (capres) Ganjar Pranowo
Selasa, 10 Oktober 2023 20:39 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id -- Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), Diah Setia Utami, meminta calon presiden (capres) Ganjar Pranowo merancang secara perinci berbagai program terkait kesehatan mental di kalangan anak muda. Dia setuju problem kesehatan mental dijadikan persoalan prioritas di tingkat nasional.

Iya, memang ini (kesehatan mental) kan sebelumnya sudah menjadi perhatian yang cukup lama. Cuma memang harus membuat terobosan-terobosan yang berorientasi pada mencegah, terutama untuk pencegahan, ucap Diah di Jakarta, dikutip Jumat (15/9).

Menurut Diah, kesehatan mental merupakan problem yang tergolong kompleks. Pencegahannya harus sedari dini, bahkan ketika anak-anak masih dalam kandungan.

Kemudian dari kecil dari sekolah dasar itu harus ada tentang penanaman kesehatan jiwa. Guru-guru perlu diberikan perkembangan anak dan bagaimana saat usia kritisnya seorang anak itu sudah mulai, kata Diah.

Tanpa pengawasan sejak dini, menurut Diah, anak-anak potensial mengidap gangguan kesehatan mental. Jika tak segera diatasi, bukan tak mungkin problem kesehatan mental bisa menjurus pada kekerasan dan tindak kriminal.

Baca juga :