Bobby Siap Segera Bentuk Badan Pengelola Kesawan 

"Untuk badan pengelola di Kota Medan, kita fokus untuk penataan bangunan dan lingkungan di cagar budayanya".
Kamis, 29 April 2021 17:13 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Medan, Gesuri.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan sudah mempersiapkan Peraturan Wali Kota (Perwal) tentang Pembentukan Badan Pengelola Kawasan Wisata Kota Lama Kesawan (BPKWKLK).

Baca:Radikalisme Bom Bunuh Diri, Basarah: Hilangnya Materi P4

Badan ini, lanjutnya, nantinya akan melaksanakan sebagian kewenangan konservasi dan revitalisasi kawasan wisata kota lama Kesawan.

Saat ini Perwal tentang Pembentukan BPKWKLK sudah didiskusikan ke Bagian Hukum Setda Kota Medan, termasuk SK tentang Penetapan Badan Pengelola. Walaupun banyak mengadopsi dari Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang yang dinilai sangat sukses menata kawasan kota lama Semarang, namun tupoksi pembentukan BPKWKLK berbeda dengan BPK2L.

Untuk badan pengelola di Kota Medan, kita fokus untuk penataan bangunan dan lingkungan di cagar budayanya. Di samping itu juga, pengembangan ekonomi kreatif dan wisata kota lamanya. Jadi, BPKWKLK akan mengkaji apa saja yang dibutuhkan untuk melestarikan cagar budaya, kata Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) Kota Medan selaku Person In Charge (PIC) KCW Benny Iskandar di Medan, Selasa (27/4).

Baca juga :