Bupati Manokwari: Museum Jangan Hanya Sajikan Nilai Sejarah

'Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah' harus tetap diingat. Sebab sejarahlah yang melahirkan peradaban hari ini.
Selasa, 26 April 2022 09:31 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Manokwari, Gesuri.id - Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengatakan pesan Bung Karno bahwa Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah harus tetap diingat. Sebab sejarahlah yang melahirkan peradaban hari ini.

BacaMasinton: Korupsi CPO Untuk Pendanaan Penundaan Pemilu

Untuk itu, ia meminta agar museum tidak hanya menyajikan nilai-nilai sejarah kepada generasi muda, namun juga menjadi sarana pendidikan yang efektif bagi generasi muda.

Tidak ada peradaban hari ini yang bisa dicapai dan diraih tanpa setiap peristiwa sejarah yang lalu. Melestarikan sejarah adalah bagian dari upaya untuk menghormati dan menghargai identitas kita sendiri. Dan sejarah tentu harus menjadi legasi bagi setiap generasi kita. Banyak generasi yang suatu ketika tidak akan tahu tentang sejarah karena kesalahan pendahulunya, kata Hermus, pada peletakan paving jalan pertama Museum Jala Bhakti Fasharkan TNI AL Manokwari, Rabu (20/4).

Karena itu, menurut Hermus, sejarah harus menjadi pondasi yang dibangun jauh lebih kuat sebagai sebuah legasi yang kemudian dapat diwariskan kepada generasi yang akan dating supaya mereka senantiasi memiliki fondasi dan pijakan yang kuat untuk menatap masa depan yang baik.

Baca juga :