Disaksikan Jokowi, RI dan Korsel Tanda Tangani 3 Kerja Sama

Jokowi: Upaya memperkuat kerja sama Indonesia dan Korsel sangat penting.
Selasa, 26 November 2019 10:58 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-n di Hotel Westin, Busan, Senin (25/11) pukul 14.30 Waktu Setempat. Ada yang sedikit unik dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dalam sambutannya memanggilnya koleganya Presiden Korsel Moon Jae-in dengan panggilan kakak.

Baca:Jokowi Ajak CEO Perusahaan Besar Korea Bangun Ibu Kota Baru

Terima kasih, kakak saya Yang Mulia Presiden Moon Jae-in, terima kasih atas sambutan yang hangat, kata Presiden Jokowi mengawali sambutannya. Presiden mengaku senang melihat kemajuan hubungan bilateral Indonesia dan RoK (Republic of Korea) termasuk kerja sama yang konkret dari kunjungan kali ini.

Ia menilai, di tengah situasi sulit seperti ini upaya memperkuat kerja sama di antara Indonesia dan Korsel menjadi lebih penting artinya. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyambut baik selesainya perundingan Indonesia Korea Comprehensif Economic Partnership Agreement (IK-CEPA), dan berharap dokumen ini ditandatangani pada awal 2020.

IK-CEPA adalah simbol komitmen kedua negara dalam keterbukaan ekonomi dan dalam konteks kawasan meskipun saya berharap dapat ditandatangani tahun depan, kata Presiden Jokowi.

Baca juga :