Endro Desak MenPAN-RB Buka Peluang Penyuluh & Dosen Non PNS 

“Nawacita & visi/misi Presiden yang menjadi program strategis nasional antara lain berbicara ketahanan pangan, peningkatan SDM berkualitas"
Kamis, 25 Maret 2021 10:45 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi II DPR RI Endro Suswantoro Yahman mendesak Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk memberipeluang kepada para penyuluh pertanian serta dosen non PNS mengikuti test sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Baca:Putra Ajak Pemuda Jaga Budaya Pegang Teguh Gotong Royong

Menurutnya, peluang itu perlu dibuka lebar oleh MenPAN-RB karena dua bidang tersebut merupakan bidang yang menjadi perhatian besar Presiden Joko Widodo, yaitu untuk mewujudkan Indonesia maju (kualitas sumberdaya manusia) dan ketahanan pangan.

Nawacita maupun visi/misi Presiden yang menjadi program strategis nasional antara lain berbicara tentang ketahanan pangan, peningkatan SDM yang berkualitas menuju Indonesia maju. Apalagi Petugas Penyuluh Pertanian, saat ini menjadi penting ditengah issue yang berkembang tentang impor beras, berarti ada masalah dalam kebijakan ketahanan pangan, tambahnya. Dari data dan berita di media sosial saat ini, bahwa penduduk Indonesia mayoritas tinggal di desa, justru kemiskinan berada dipedesaan yang mayoritas pendapatannya dari sektor pertanian. Sektor pertanian perlu pendampingan lebih intensif, dan tenaga lapangan penyuluh pertanian adalah jawaban yang tepat, ungkapnya saat Rapat Kerja Komisi II DPR RI dengan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (24/3).

Baca juga :