Gancang Aron Banyuwangi Masuk Top 99 SINOVIK

Munculnya inovasi ini berawal dari keluhan masyarakat terkait lamanya antrean dalam pelayanan obat.
Kamis, 20 September 2018 17:37 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Surabaya, Gesuri.id - Program Gancang Aron yang digagas Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terpilih masuk Top 99 Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) yang digelar Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB). Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri PAN dan RB, Syafruddin di Hotel Shangrila, Surabaya, Rabu malam (19/9) yang diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, Djadjat Sudradjat mewakili Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Baca: Objek Wisata Banyuwangi Jadi Inspirasi Fashion Festival

Gancang Aron akronim dari Gugus Antisipasi Cegah Antrian Panjang Dengan Antar Obat ke Rumah Pasien, yang dalam bahasa lokal artinya Lekas Sembuh. Program ini diluncurkan sejak November 2017 lalu.

Anas mengatakan, munculnya inovasi ini berawal dari keluhan masyarakat terkait lamanya antrean dalam pelayanan obat. Dalam beberapa kasus penyakit, penyiapan obat memang membutuhkan waktu karena harus diracik terlebih dahulu oleh apoteker.

Kasihan pasiennya. Sudah sakit, masih disuruh menunggu obat. Lalu kami coba atur strategi sampai lahir inovasi ini. Setelah berobat, pasiennya bisa langsung pulang beristirahat di rumah. Obatnya nanti diantar setelah disiapkan apoteker. Gratis, ungkap Anas, Kamis (20/9).

Baca juga :