Ganjar Minta Pengembangan Borobudur Libatkan Masyarakat

Ganjar berpesan agar pengembangan Kawasan Borobudur tidak mengabaikan peran masyarakat lokal sebagai penunjang utama pariwisata.
Senin, 04 Maret 2019 16:36 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id Menyusul ditetapkannya kawasan Borobudur menjadi satu dari empat destinasi wisata superprioritas nasional pemerintah pusat, berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menjadikan kawasan yang terletak di Magelang, Jawa Tengah itu, menjadi destinasi wisata unggulan tingkat dunia.

Bahkan, pemerintah telah membentuk tim khusus untuk pengembangan kawasan Borobudur yang melibatkan sejumlah instansi terkait, baik kementerian maupun daerah. Tim tersebut adalah Tim Pelaksana Program Pengembangan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan (P3TB) yang bertemu dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di Rumah Dinas Gubernur, Puri Gedeh, akhir pekan lalu, untuk memaparkan sejumlah hal terkait masterplan pengembangan kawasan Borobudur.

Baca: Ganjar: Sampaikan Informasi secara Lebih Luwes

Dalam kesempatan itu, Ganjar menitip pesan kepada Tim P3TB agar pengembangan Kawasan Borobudur tidak mengabaikan peran masyarakat lokal sebagai penunjang utama pariwisata.

Pembentukan kawasan pariwisata tidak cukup hanya menyiapkan infrastruktur saja. Keterlibatan dan kesiapan sumberdaya manusia (SDM), yakni masyarakat lokal, harus didorong. Karena itu juga sangat penting untuk menyukseskan pariwisata, katanya.

Baca juga :