Ganjar Pilih Ubah 'Mindset' ASN, Tingkatkan Layanan Publik

“Tantangan pertama ini adalah mengubah mindset untuk melayani masyarakat dengan baik. Sekarang itu ekspektasi publik jauh meningkat".
Senin, 12 Desember 2022 13:30 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id -Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowomemilih untuk mengubah mindset para aparatur sipil negara (ASN) di wilayah Provinsi Jawa Tengah agar dapat melayani masyarakat dengan baik,sebagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Baca:Selly: Perlu Revisi UU Pengolahan Sampah, Akomodasi Swasta

Tantangan pertama ini adalah mengubah mindset untuk melayani masyarakat dengan baik. Sekarang itu ekspektasi publik jauh meningkat. Maka seluruh ekspektasi itu kita dorong agar ASN punya ide-ide untuk merespons ekspektasi publik ini, jelas Ganjar di sela-sela kegiatan Pencanangan Reformasi Birokrasi Tematik dan Peresmian 26 MPP pada awal pekan ini.

Ganjar juga menyampaikan bahwa salah satu pendekatan yang digunakan untuk perbaikan pelayanan publik di Jawa Tengah adalah dengan mewajibkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memiliki media sosial. Hal ini dilakukan untuk menjaring komplain dari masyarakat dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Apa yang dilakukan tersebut ternyata mampu mendorong ASN untuk dapat mengubah diri untuk memberikan pelayanan terbaik dan kemudian melakukan inovasi dalam proses pelayanan publik. Ini juga terlihat dari jumlah Mal Pelayanan Publik (MPP) yang telah dihadir di wilayah Jawa Tengah. Sebanyak 21 dari 35 kabupaten dan kota atau sebesar 60 persen telah memiliki MPP.

Baca juga :