Ganjar: Solusi Pendidikan, Menempa Moral dan Etika Manusia

Tak perlu meniru asing, kembalikan saja kepada substansinya.
Minggu, 03 Juni 2018 12:13 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Semarang, Gesuri.id - Cagub Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sistem pendidikan Indonesia tidak perlu meniru Finlandia. Solusinya, harus dikembalikan pada substansi mendidik yaitu menempa moral serta etika manusia.

Saya pernah ke Finlandia, ke LAN-nya (Lembaga Administrasi Negara), pejabat tingginya orang partai, saya tanya bagaimana anda memisahkan kepentingan politik dan profesionalisme birokrasi, jawabannya etika, ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Baca:Aksi CagubGanjarPranowo Kunjungan Pabrik Keramik Semarang

Ganjar juga bercerita bagaimana menerbitkan Peraturan Gubernur tentang pembatasan emisi kendaraan di lingkungan Pemprov Jateng pada setiap Jumat, dimana seluruh pegawai termasuk gubernur dilarang membawa kendaraan pribadi, tapi boleh naik sepeda, kendaraan umum, atau jalan kaki.

Regulasi itu saya cabut lagi karena semua curang, bawa mobil diparkir di Taman KB dan ironisnya yang pertama kali melanggar itu petugas Satpol Pamong Praja yang seharusnya menegakkan pergub. Jadi, ini soal moral dan etika, sistem dan regulasi nanti dulu deh, katanya.

Baca juga :