Hari Bakti Pekerjaan Umum Tak Lepas dari Sejarah Bangsa

Ketujuh pegawai PU berjuang dengan gigih mempertahankan gedung sate yang kini dijuluki Sapta Taruna.
Senin, 03 Desember 2018 14:57 WIB Jurnalis - Imanudin

Bandung, Gesuri.id Peringatan hari Bakti Pekerjaan Umum (Harbak PU) diperingati setiap tanggal 3 Desember, tak lepas dari sejarah perjuangan para pegawai Departemen Pekerjaan Umum yang mengorbankan nyawanya demi mempertahankan Gedung Sate.

Baca:Pembangunan Jalan Tol Cigatas Masuki Tahap Penentuan Lokasi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR), Basuki Hadimuljono dalam sambutanya pada hari Minggu (2/11)di Gedung Sate mengatakan peringatan kali ini pertama kalinya diGedung Sate yang juga disebut Gedung PU.

Di tempat ini ketujuh pegawai PU berjuang dengan gigih mempertahankan gedung sate yang kini dijuluki Sapta Taruna itu gugur. Nama ketujuh pahlawan tersebut sampai saat ini diabadikan pada tugu di depan Gedung Sate. Mereka adalah Didik Ardiyanto, Muchtarudin, Suhodo, Rio Susilo, Subengat, Ranu, dan Suryonolanjut Basuki.

Saat ini lanjut Basuki, saya mengajak banyak anak muda PU, saya pikir mereka harus tahu sejarah PU dari awalnya supaya mereka meneladani para pejuang tersebut. Saya adakan peringatan di sini. Upacaranya besok. Kita akan ke Ciputra, untuk ziarah ke 7 makam sapta taruna ituimbuh Basuki.

Baca juga :