Indonesia Dukung AIPR untuk Perdamaian-rekonsiliasi di ASEAN

Tantangan yang dihadapi ASEAN dalam proses pembangunan komunitas, seperti ekstremisme dengan kekerasan dan konflik internal harus diatasi.
Kamis, 01 Februari 2018 13:53 WIB Jurnalis - Andri Setiawan

Jakarta, Gesuri.id - Indonesia mendukung Institut Perdamaian dan Rekonsiliasi ASEAN (ASEAN Institute for Peace and Reconciliation/AIPR) untuk upaya pemeliharaan perdamaian dan rekonsiliasi di kawasan Asia Tenggara.

Dukungan tersebut diberikan pemerintah Indonesia melalui penandatanganan Persetujuan Ketuanrumahan dan Pemberian Keistimewaan dan Kekebalan kepada AIPR yang dilaksanakan di Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Kamis (1/2).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam acara penandatanganan tersebut mengatakan bahwa AIPR akan menjadi instrumen penting dalam upaya pemeliharaan perdamaian dan rekonsiliasi di kawasan Asia Tenggara.

Tantangan yang dihadapi ASEAN dalam proses pembangunan komunitas, seperti ekstremisme dengan kekerasan dan konflik internal bersenjata harus diatasi dan diantisipasi. Di sinilah AIPR memainkan peran strategisnya, ujar Menlu Retno.

Menlu Retno menambahkan bahwa penandatanganan persetujuan itu merupakan puncak proses operasionalisasi Sekretariat AIPR, dan Indonesia mengajak seluruh negara anggota ASEAN untuk terus mendukung AIPR dalam melaksanakan mandat dan fungsinya.

Baca juga :