Jokowi: Pembangunan Infrastruktur Buka Isolasi Papua

Pembangunan akan memudahkan akses dan mobilitas warga Papua dari satu tempat ke tempat yang lain.
Jum'at, 13 April 2018 14:02 WIB Jurnalis - Andri Setiawan

Timika, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen pemerintahannya untuk terus membangun infrastruktur di Papua guna membuka keterisolasian wilayah-wilayah pedalaman dan pesisir.

Presiden Jokowi mengatakan pembangunan infrastruktur seperti jalan Trans Papua, jembatan, pelabuhan laut, pelabuhan udara dan lainnya untuk memudahkan akses dan mobilitas warga Papua dari satu tempat ke tempat yang lain.

Baca: Ke Papua, Jokowi Tinjau Jembatan Holtekamp dan Asmat

Kenapa dibangun infrastruktur jalan Trans Papua itu gunanya untuk menghubungkan satu tempat ke tempat yang lain sehingga memudahkan warga untuk bisa mengakses ke distrik (kecamatan), mengakses ibu kota kabupaten, supaya ada koneksi antarprovinsi, antarkabupaten dan antarkota. Arahnya ke sana, jelas Presiden usai melakukan kunjungan kerja ke Agats, Kabupaten Asmat, Kamis (12/4).

Menurut pria yang kembali diusung PDI Perjuangan dalam Pilpres 2019 ini, jika pemerintah belum bisa menyelesaikan masalah ketersediaan infrastruktur pendukung tersebut maka akan sulit untuk menyelesaikan berbagai persoalan dasar.

Baca juga :