Jokowi Targetkan Tol Manado-Bitung Selesai April 2020

Diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung.
Sabtu, 06 Juli 2019 13:41 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Setelah sempat terkendala oleh proses pembebasan lahan sepanjang 13 kilometer (km), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan Jalan Tol Manado Bitung (Mabit) yang awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, diharapkan bisa selesai April 2020.

Presiden berharap, pembangunan Jalan Tol Manado Bitung itu diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh.

(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang, kata Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 km tepatnya, di Simpang Susun Airmadidi, Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (5/7) siang.

Dibangun Jembatan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang menampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan itu secara terpisahh mengatakan, untuk mendukung pariwisata di Pulau Lembeh, akan dibangun jembatan ke Pulau tersebut yang akan dimulai tahun 2020.

Baca juga :