Keluar Dari Jebakan MIT, Jokowi: Konsentrasi Pembangunan SDM

Pertama, RI memiliki sebuah pasar besar, baik dari sisi jumlah penduduk maupun daya belinya.
Jum'at, 01 November 2019 13:35 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan potensi ndonesia untuk keluar dari middle income trap (MIT), yaitu dari jebakan negara yang berpendapatan menengah adalah sangat besar.

Baca:Lolos Middle Income Trap, Bangun SDM Sederhanakan Aturan

Yang pertama kita memiliki sumber daya alam yang sangat besar yang bisa kita pakai untuk memicu industrialisi. Yang kedua, kita memiliki sebuah pasar besar, baik dari sisi jumlah penduduk maupun daya belinya karena masyarakat yang berpendapatan menengah sekarang ini naik sangat drastis sekali di negara kita Indonesia, kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rapat Terbatas Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (31/10) sore.

Presiden mengingatkan, Indonesia sekarang ini berada pada ranking yang patut dilihat dari GDP nominal, yaitu kita di dunia pada ranking ke 15-16. Dan kalau dihitung dari GDP PPP, purchasing power parity, Indonesia berada pada ranking 7 di dunia.

Artinya, kekuatan ekonomi kita memang patut diperhitungkan karena daya beli masyarakat kita yang terus meningkat, ujar Presiden Jokowi.

Baca juga :