Kementerian Terkait SDM Penting dalam Pembumian Pancasila 

Pemantapan Pancasila dan pembumian Pancasila merupakan agenda yang sangat penting.
Senin, 01 Juli 2019 08:53 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Joko Widodo (Jokowi) dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk periode 2019-2024. Sebagai partai pengusung, PDI Perjuangan menargetkan kadernya duduk di kementerian yang dinilai tepat untuk membumikan Pancasila.

Kalau dari sudut pandang PDI Perjuangan, pemantapan Pancasila dan pembumian Pancasila itu merupakan agenda yang sangat penting. Jadi persoalan ideologi tidak bisa dianggap remeh, itu sebabnya dibutuhkan figur-figur menteri yang berani mengoperasionalkan prinsip-prinsip kebangsaan, prinsip-prinsip Pancasila dalam program-program di Kementeriannya, ujar Ketua DPP PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno, dilansir news.detik, Minggu (30/6).

Baca:Jokowi: RI Negara Besar, Tak Bisa Dibangun Sekelompok Orang

Namun, Hendrawan enggan mengungkapkan kementerian apa yang tepat untuk membumikan Pancasila yang menjadi target PDI Perjuangan. Dia memastikan Ketum Megawati Soekarnoputri sudah menitipkannya ke Jokowi.

Ada (kementerian yang menjadi target), tapi kami tidak mau menyampaikan ini karena ini sudah merupakan kesepakatan untuk tidak disampaikan secara publik, tapi ketua umum kami sudah tentu saja berkomunikasi dengan presiden, katanya.

Baca juga :