Keterbukaan Informasi Penting Dalam Penanganan Pandemi

Presiden mengatakan bahwa keterbukaan informasi merupakan faktor penting dalam penanganan pandemi COVID-19.
Kamis, 01 April 2021 23:45 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa keterbukaan informasi merupakan faktor penting dalam penanganan pandemi COVID-19.

Dengan informasi yang terbuka, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, serta kerja sama antarsemua pihak, kita bisa segera membuat situasi kondusif dan terukur. Pemerintah juga dapat segera mengambil kebijakan yang tepat. Masyarakat juga dapat memahami dan menghadapi pandemi ini dengan informasi yang baik, kata dia dalam sambutan peringatan Hari Penyiaran Nasional 1 April 2021 yang disampaikan melalui rekaman tayangan video Youtube Sekretariat Presiden yang disaksikan di Jakarta, Kamis (1/4).

Tepat 88 tahun yang lalu atau pada 1 April 1933, lembaga penyiaran radio pertama milik Bangsa Indonesia, Solosche Radio Vereeniging (SRV), berdiri di Surakarta.

Baca:PresidenTeken Inpres Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan

Selanjutnya, melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 9 Tahun 2019, pemerintah menetapkan 1 April sebagai Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) untuk memperingati lahirnya lembaga penyiaran yang menjadi awal mula penyiaran di Indonesia.

Baca juga :