Listrik Tenaga Sampah Gagasan Risma, Begini Cara Kerjanya

Pembangunan PSEL Benowo mulai dilakukan Pemkot Surabaya pada 2012 saat Risma menjadi Wali Kota Surabaya.
Jum'at, 07 Mei 2021 16:25 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Surabaya, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo memuji instalasi Pengelola Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang dibangun Pemerintah Kota Surabaya di Kecamatan Benowo yang digagas Tri Rismaharini alias Risma saat menjadi Wali Kota Surabaya.

Jokowi menyebut juga pernah menggagas itu semasa jadi Wali Kota Solo, namun tidak berhasil. Justru Risma yang mewujudkannya.

Baca:Novel Masih Dibutuhkan di KPK? Ini Kata Arteria Dahlan

Pengalaman yang saya alami sejak tahun 2008, masih jadi wali kota, kemudian gubernur, kemudian Presiden, tidak bisa merealisasikan pengolahan sampah dari sampah ke listrik, seperti yang sejak dulu saya inginkan di Kota Solo waktu menjadi wali kota, kata Jokowi saat meresmikan PSEL di Kecamatan Benowo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (6/5).

Hadir dalam acara itu sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, termasuk Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jatim, dan Wali Kota Surabaya pengganti Risma, Eri Cahyadi. Di acara itu Jokowi juga meninjau langsung instalasi PSEL bekerja mengolah sampah menjadi energi listrik.

Baca juga :