Mendagri Tinjau Langsung Pembuatan e-KTP di Merauke

Meliahat langsung proses pembuatan e-KTP di Merauke, Mendagri memastikan proses pembuatan waktunya tak lebih sejam.
Selasa, 17 April 2018 15:31 WIB Jurnalis - Ranap Simanjuntak

Merauke, Gesuri.id Dalam kunjungan ke Papua, Senin (16/4) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyaksikan langsung proses perekaman dan pencetakan Tanda Penduduk Elektronik elektronik (e-KTP) di Kantor Bupati Merauke. Dirinya berharap segera ada perbaikan sehingga proses pembuatan hanya berlangsung tak lebih dari sejam.

Saat peninjauan, Tjahjo menemukan langsung ada masyarakat yang belum bisa tanda tangan. Tentu ini menjadi salah satu kasus setiap daerah dalam melakukan perekaman.

Blanko sudah ada, sistemnya sudah baik, maka kami mengeluarkan instruksi satu jam selesai. Kalau masyarakat mau pro aktif, mau datang, tidak ada gangguan listrik, tidak ada komputer error (rusak), itu tidak sampai satu jam selesai. Tapi memang ada masalah-malah lain di setiap daerah, akunya.

Tjahjo meyakinkan, sudah mengeluarkan Permendagri yang menitahkan proses pembuatan e-KTP berjalan cepat. Permendagri (peraturan mendagri) sudah kami keluarkan atas intruksi Bapak Presiden, masyarakat jangan dipersulit, cepat. Tentu perlunya juga keterlibatan aktif masyarakat, selain listrik tersedia serta peralatan komputer mendukung, tunjuknya.

Baca:Permendagri Diteken, Tjahjo: e-KTP Satu Jam Harus Jadi

Baca juga :