Pemerintah Siapkan Data Kemiskinan Yang Akurat & Aktual

Keberhasilan penanggulangan kemiskinan tak hanya ditentukan oleh program-program yang tepat.
Senin, 22 Juli 2019 19:13 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Pemerintah Jokowi menyiapkan data kemiskinan yang akurat dan aktual. Hal itu sebagai pelaksana program penanggulangan kemiskinan. Kementerian Sosial (Kemensos) mengimplementasikannya melalui berbagai program.

Ada Program Keluarga Harapan (PKH), Kelompok Usaha Bersama (KUBe), Rehabilitasi Sosial Bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA), Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS), Komunitas Adat Terpencit (KAT), dan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial, kata Sekjen Kemensos, Hartono Laras, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Biro Humas Kemensos Sonny W. Manalu, pada Forum Tematik Kehumasan, di Swiss Bell Hotel, Mangga Besar, Jakarta, Senin (22/7) pagi.

Menurut Sekjen Kemensos, keberhasilan penanggulangan kemiskinan tidak hanya ditentukan oleh program-program yang tepat inovatif, tetapi juga harus didukung dengan kriteria kemiskinan yang jelas, serta data yang akurat dan up to date.

Untuk mendapatkan data yang up to date tersebut, lanjut Sekjen, pelu dilakukan verifikasi dan validasi secara berkala sesuai dengan jenis programnya.

Tugas dan fungsi Kementerian Sosial semakin luas dalam penanggulangan kemiskinan, terutama dalam menyediakan data kemiskinan yang akurat, up to date, dan terintegrasi, jelas Sekjen Kemensos sebagaimana disampaikan Kepala Biro Humas Sonny W. Manalu.

Baca juga :