Pemerintahan Jokowi Ekspor Domba ke Malaysia

"Sesuai amanat menteri tahun 2018 ini ditargetkan ada sebanyak 60 ribu ekor domba yang akan diekspor ke Malaysia.
Kamis, 02 Agustus 2018 21:55 WIB Jurnalis - Abdullah Gunawan

Sidoarjo, Gesuri.id Prestasi kembali ditorehkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (jokowi). Untuk pertama kalinya, 1.093 ekor domba asal Jawa Timur diekspor ke Malaysia. Domba-domba ini dikirim melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, M. Musyaffak Fauzi mengatakan domba yang dikirim hari ini merupakan lanjutan dari pengiriman 504 ekor domba melalui jalur laut saat dilakukan launching oleh Menteri Pertanian Andi Arman Sulaiman pada Juni 2018 lalu.

Sesuai amanat menteri tahun 2018 ini ditargetkan ada sebanyak 60 ribu ekor domba yang akan diekspor ke Malaysia. Ini akan terus dilakukan secara berkala, kata Musyaffak di Bandara Juanda, Rabu (1/8).

Musyaffak menambahkan ekspor ini sangat menguntungkan peternak karena memberikan keuntungan 30 persen dari harga lokal.

Sebenarnya Malaysia membutuhkan lebih dari 60 ribu itu. Nah untuk perdananya sengaja kami kirimkan sebanyak 60 ribu hingga akhir 2018. Ini sangat luar biasa kebutuhan pasarnya. Tadi kami sudah ketemu dengan importirnya dari Malaysia. Rencananya akan di-connecting-kan dengan Timur Tengah, lanjutnya.

Baca juga :