Presiden Jokowi Akan Berlaku Etis Dalam Penyusunan Kabinet

Arif: Kabinet itu prinsipnya adalah kewenangan prerogatif presiden.
Senin, 14 Oktober 2019 16:12 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - PDI Perjuangan menekankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berlaku etis dengan berkonsultasi pada pimpinan parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK) dalam menentukan susunan kabinet barunya.

(Kabinet) Itu kan prinsipnya kewenangan presiden, kewenangan prerogatif, lha itu nanti tergantung konsultasinya dengan ketua umum partai koalisi pendukung presiden terutama dengan partai pendukung utama, PDI Perjuangan. Tapi prinsipnya itu hak prerogatif presiden, tentu akan dikonsultasikan ke partai tentang siapa, kementerian mana, itu hasil dari konsultasi presiden dengan ketum PDI Perjuangan, dengan ketum partai yang lain, kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PDI Perjuangan Arif Wibowo saat dihubungi di Jakarta, Senin (14/10).

Baca:PresidenJokowi TegaskanKabinetAdalah Hak Prerogatif

Soal gabungnya parpol lain, Arif mengakui, parpol tidak bisa mengintervensi itu kecuali memberikan masukan lewat mekanisme konsultasi. Menurut dia, mekanisme itu dilakukan demi kepantasan, etika dan moral sebagai partai pengusung dan juga presiden yang telah diusung parpol lalu menang dalam pemilu.

Baca juga :