Presiden Jokowi-PM Lee Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Kedua negara sepakat untuk mendorong kerja sama bilateral di bidang investasi dan perdagangan.
Rabu, 09 Oktober 2019 09:06 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Singapura, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long sepakat untuk meningkatkan kerja sama di sejumlah bidang seperti keamanan, ekonomi dan pendidikan.

Pertama, Indonesia menyambut kerangka negosiasi untuk flight information region (FIR atau kendali ruang udara) yang sudah disepakati kedua negara. Indonesia menghormati posisi Singapura untuk mengawasi wilayah udaranya, maka tim teknis kami sudah memulai negosiasi dan saya mendorong agar dipercepat, kata Presiden Jokowi di Istana Singapura, Selasa (8/10).

Presiden Jokowi dan PM Lee bertemu dalam Leaders Retreat yang berlangsung setiap tahun sejak 2017. Dalam pertemuan tersebut kedua kepala pemerintahan dan para menterinya membahas hingga persoalan teknis di berbagai bidang.

Kedua, untuk meningkatkan kerja sama keuangan antara bank sentral kedua negara, dalam pengelolaan likuiditas valas (bilateral liquidity management arrangement), tambah Presiden Jokowi yang berbicara dalam bahasa Inggris.

Ketiga, Presiden menyambut meningkatnya perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam pengembangan kawasan industri Kendal dan Nongsa Digital Park di Batam.

Baca juga :