Presiden Jokowi Sebut Bukit Soeharto Sangat Mendukung

Bukit Soeharto berada di tengah-tengah jalan tol Samarinda-Balikpapan.
Selasa, 07 Mei 2019 19:00 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Jakarta, Gesuri.id - Mengawali peninjauannya ke sejumlah lokasi alternatif calon pengganti ibu kota negara Republik Indonesia (RI), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan mengunjungi Bukit Soeharto, yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (7/5) siang.

Dalam kunjungan ini, Presiden dan rombongan yang tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 WITA selain meninjau lokasi selama kurang lebih 20 menit, juga mendengarkan paparan dan melihat-lihat peta wilayah.

Kepada wartawan yang mencegatnya Presiden Jokowi mengatakan, bahwa visi besar pemindahan ibu kota ini sudah dimulai sejak era Bung Karno dulu, presiden pertama kita. Kemudian era presiden berikutnya juga ada visi untuk memindahkan ibu kota.

Intinya kita akan ingin melihat visi ke depan kita seperti apa dan yang paling penting Indonesia sebagai negara besar kita ingin memiliki juga pusat pemerintahan yang terpisah dengan pusat ekonomi, bisnis, perdagangan, (dan) jasa. Ya ini, kita ingin menapak ke depan sebagai sebuah negara maju, jelas Presiden.

Diakuinya ada beberapa lokasi yang sudah kira-kira 1,5 tahun ini distudi, salah satunya adalah di Kalimantan Timur, yaitu di Bukit Soeharto.

Baca juga :