Puan: Level PPKM Turun, Gerakkan Ekonomi Dengan Hati-hati

"Kesempatan menggerakkan ekonomi masyarakat dan di berbagai sektor yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional".
Selasa, 24 Agustus 2021 10:21 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menyambut baik penurunan level sejumlah daerah dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terbaru. Ia menilai, banyaknya daerah yang turun dari PPKM Level 4 menjadi PPKM Level 3 akan memperbaiki perekonomian yang sempat lesu akibat pembatasan mobilitas ketat.

Ini merupakan momentum baik yang harus direspons dengan hati-hati, kata Puan di Jakarta, Selasa (24/8).

Baca:Di Parlemen ASEAN, Puan Dorong Kerja Sama Teknologi Digital

Dalam perpanjangan PPKM kali ini, ada 4 wilayah aglomerasi besar yang diturunkan dari level 4 ke level 3 untuk Pulau Jawa-Bali. Keempat wilayah aglomerasi itu adalah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek), Bandung Raya, Surabaya Raya, dan Semarang Raya.

Puan mengatakan, penurunan level PPKM di banyak daerah akan memicu mobilitas masyarakat karena dengan PPKM Level 3 dan Level 2, ada sejumlah relaksasi dari pembatasan-pembatasan kegiatan. Di antaranya adalah relaksasi aktivitas perdagangan, operasional 100% industri berorientasi ekspor dan penunjangnya (non-esensial), hingga dibukanya kembali mal meski dengan aturan yang ketat.

Baca juga :