Situs Sumberbeji Patut Dilestarikan Sebagai Cagar Budaya

Situs Sumberbeji diduga berasal dari peninggalan era Majapahit abad 13-15 Masehi.
Kamis, 26 September 2019 19:25 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah mengatakan Situs Sumberbeji yang berlokasi di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, patut dilestarikan sebagai cagar budaya.

Pelestarian ini sebagai bentuk penghormatan kita kepada generasi terdahulu yang telah meninggalkan warisan peradaban penting bagi bangsa Indonesia. Bentuk konkretnya adalah kerja sama Pemerintah Kabupaten Jombang, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Pusat untuk menuntaskan temuan tersebut menjadi cagar budaya, kata Basarah dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (26/9).

Baca: Basarah: GBHN Bisa Cegah Radikalisme

Basarah mengunjungi temuan situs bersejarah di Jombang, Rabu (25/9) yang ditemukan secara tidak sengaja oleh warga setempat. Kronologisnya pada Minggu, 30 Juni 2019, warga Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, melakukan kerja bakti untuk membersihkan sendang (mata air) yang tertutup lumpur.

Saat dilakukan kerja bakti itulah secara tidak sengaja ditemukan struktur batu bata kuno yang berbentuk seperti saluran air.

Baca juga :