Stafsus Milenial, Putra: Benang Merah Pengembangan SDM

Pengembangan SDM adalah sebuah keniscayaan untuk mengantisipasi puncak bonus demografi di tahun 2045.
Senin, 25 November 2019 12:25 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Jakarta, Gesuri.id -Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan tujuh staf khusus (Stafsus) dari kalangan milenial di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 21 November 2019. Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan menilai, Presiden konsisten dengan janjinya untuk fokus mengutamakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pemilihan ketujuh orang itu tentu ada benang merahnya dengan salah satu program prioritas Pemerintahan Jokowi di periode keduanya yang digagas bersama Pak Kiyai Maruf Amin. Program nomor satu itu bukan infrastruktur. Program pertama itu adalah pengembangan SDM dan diucapkan di Pelantikan, ujar Putra dalam Program Talkshow Sapa Indonesia Pagi di salah satu TV swasta, Senin (25/11).

Menurut Putra, pengembangan SDM adalah sebuah keniscayaan untuk mengantisipasi puncak bonus demografi di tahun 2045. Selain itu, tantangan lain ke depannya untuk terus tumbuh menjadi negara maju adalah mencari jalan keluar agar Indonesia bisa keluar dari perangkap middle income trap.

Karena itu, dijelaskan Putra, fokus pengembangan SDM oleh pemerintah saat ini menyasar kepada kaum milenial dari rentang usia 17 45 tahun. Milenial hari ini, kata dia, adalah angkatan kerja yang pada saat puncak bonus demografi nanti akan membawa perubahan besar bagi kemajuan Indonesia.

Baca juga :